LIKE THIS YO




Sabtu, 20 Maret 2010

Ada Apa dengan Obama dan AS?


Untuk kali kedua, Barack Obama menunda kunjungannya ke Indonesia. Semula kunjungan Obama bakal dilakukan 18 Maret, namun diundur menjadi 21 Maret dan ditunda lagi menjadi bulan Juni mendatang (tangal belum pasti). Mengapa Obama sampai dua kali menunda kunjungan?




Alasan yang diberikan juru bicara gedung Robert Gibbs dalam rilisnya kepada HARIAN BANGSA menyatakan jika penundaan hingga dua kali karena terkait RUU Reformasi Kesehatan agar bisa gol di DPR AS.
Presiden Obama bergembira bahwa Parlemen telah menetapkan jadwal legislasi menyangkut pelayanan kesehatan (health care) di internet dan pemungutan suara final akan dilakukan dalam waktu dekat.
Namun berhubung peraturan Parlemen mengharuskan adanya periode 72-jam untuk memberikan kesempatan pada masyarakat mengkaji legislasi tersebut, maka pemungutan suara final tentang reformasi asuransi kesehatan tidak dapat dilakukan sebelum hari Minggu sore.
“Oleh karena itu, Presiden Obama telah menelpon pemimpin Indonesia dan Australia menyampaikan penundaan kunjungan sehingga ia berada di Washington saat pelaksanaan pemungutan suara yang penting ini. Presiden berharap dapat mengunjungi Indonesia dan Australia pada Juni,”tulis Robert Gibbs dalam rilisnya.
Presiden Obama menyesali penundaan ini. AS memandang penting aliansi internasional bagi keamanan dan kemajuan ekonomi AS. Namun proses legislasi reformasi asuransi kesehatan adalah masalah yang tidak kalah penting, dan Presiden ingin memastikan melihat langsung proses pertarungan ini.
Laman mcclatchydc.com menulis, jika RUU itu lolos, maka akan membantu keluarga berpenghasilan menengah. Dan jumlah warga AS yang terjamin asuransi kesehatannya bertambah 32 juta orang. Untuk meloloskan rencana Obama itu diperlukan 940 juta dolar atau setara Rp 9 Triliun.
Juru bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal membenarkan penundaan kunjungan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Indonesia hingga bulan Juni 2010.
Menurut Dino, pihak Gedung Putih telah menghubunginya secara langsung untuk mengabarkan penundaan tersebut. "Komunikasinya tidak langsung dari Presiden Obama ke Presiden Yudhoyono. Tapi dari pihak Gedung Putih langsung ke saya," ujarnya.
Namun, Dino belum mau menjelaskan perubahan agenda kunjungan akibat penundaan tersebut serta reaksi Presiden Yudhoyono terhadap penundaan kedatangan Obama itu."Besok (hari ini –red) saja saya kasih penjelasan," ujar Dino.
Dino hanya membenarkan alasan penundaan adalah akibat situasi politik di Amerika Serikat karena reformasi sistem pelayanan kesehatan yang diajukan oleh Presiden Obama belum diloloskan oleh Parlemen.
Sebelumnya, Presiden Obama dijadwalkan tiba di Indonesia pada 23 Maret 2010 untuk kunjungan kenegaraan selama tiga hari. Kunjungan itu pun telah diundur dari semula direncanakan pada 18 Maret.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentarmu,, bebas, terserah,
shin-azmi.blogspot.com

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal