LIKE THIS YO




Jumat, 09 Desember 2011

Persiapkan Dokumen Diri Dalam Melamar Kerja


MELAMAR KERJA tentu dua baris kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Melamar kerja merupakan proses dimana seseorang untuk mendapat pekerjaan disuatu perusahaan ataupun instansi. Namun, Apa dan bagaimanakah persiapan diri kita sebelum kita melamar kerja? Apakah anda sering melamar pekerjaan dengan cara mengirim lamaran kerja melalui pos? Mengirim lamaran kerja lewat internet pun kurang lebih sama dengan halnya Anda mengirimkan lamaran kerja lewat pos. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mengirimkan lamaran kerja tentunya yaitu Data diri Anda, Surat Lamaran, dan Dokumen Penunjang Lainnya.

Persiapkan Identitas Diri
Tentunya persiapan yang pertama harus Anda persiapkan yaitu mengenai siapa diri Anda. Tujuannya agar perusahaan dapat mengenal diri Anda lebih baik dan dapat menilai apakah Anda merupakan kandidat yang mereka cari dan cocok bagi mereka. Sedikit terdapat perbedaan engan cara pengiriman melalui pos, data-data mengenai diri kita dalam bentuk file digital atau softcopy, sehingga harus kita harus menyiapkannya dengan cara men scan terlebih dahulu. Identitas Diri yang perlu kita siapkan diantaranya :
1. Photo
Tampilan resmi diri Anda, biasanya berukuran 3 x 4 atau 2 x 3 atau 4 x 6. Biasanya foto close-up, dari dada sampai kepala.
2. KTP
Kartu Tanda Penduduk yaitu merupakan kartu identitas kita sebagai identitas sebagai seorang warga negara.
3. Ijazah Kelulusan
Untuk Ijazah cantumkan saja ijazah pendidikan terakhir Anda, Apakah itu SMA, S1, S2 atau S3 dan sebagainya.
4. Transkrip Nilai
Merupakan Daftar Nilai dari pendidikan anda yaitu untuk mengetahui NEM/IPK anda pada waktu menjalani pendidikan terakhir
5. Kartu Keluarga
Dokumen ini merupakan kartu yang dibuat oleh kelurahan/kecamatan setempat mengenai status keluarga Anda
6. Kartu Kuning
Kartu ini biasanya diterbitkan oleh kecamatan dimana Anda tinggal. Kartu ini merupakan kartu pencari kerja, menerangkan status Anda apakah pengangguran atau tidak.
7. Sertifikat Pendidikan Non-Formal
Jika Anda mempunyai ijazah atau sertifikat yang di dapat dari lembaga/pendidikan nonformal baik itu sertifikat komputer atau bahasa dan lain sebagainya. Namun, ini sifatnya tidak mengikat tetapi mungkin Anda akan lebih dipertimbangkan jika memenuhi persyaratan.
8. SKCK
Surat Keterangan ini diterbitkan oleh Instansi Kepolisian dahulu ini dikenal dengan nama SKKB (Surat Keterangan Berkelakuan Baik) namun sekarang disebut dengan istilah SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) ini berisi catatan kriminal Anda (pernah berbuat kriminal atau tidak).

Tentunya tidak semua hal diatas diperlukan untuk melamar kerja tergantung dengan masing-masing perusahaannya karena perusahaan satu dengan yang lain biasanya berbeda persyaratannya. Pada umumnya persyaratan lengkap seperti yang di uraikan diatas dibutuhkan bila kita melamar kerja di BUMN atau melamar jadi PNS. Semua data diatas dapat kita scan (Khusus untuk foto kita dapat menggunakan foto digital untuk kemudian di transfer ke komputer menggunakan kabel data).

Untuk selanjutnya bagaimana cara menscan dokumen-dokumen tersebut akan saya jelaskan pada tulisan saya selanjutnya. Tunggu tulisan berikutnya ya...

Akhir Kata "Jangan pernah berhenti untuk berusaha dan jangan lupa diiringi berdo'a"
Sukses untuk kita semua...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren dah ...

Posting Komentar

silahkan beri komentarmu,, bebas, terserah,
shin-azmi.blogspot.com

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal