LIKE THIS YO




Jumat, 09 Desember 2011

Kiat sukses melamar pekerjaan


Setiap manusia setelah menyelesaikan pendidikan tertentu pada akhirnya, suka ataupun tidak suka harus memasuki dan bersaing dipasar kerja. Mengingat di era global saat ini penuh dengan persangan yang ketat maka bagi calon tenaga kerja ( pelamar ) harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga harapan yang diinginkan bisa terwujud.
Adapun tahapan yang harus dipersiapkan dengan sebaiknya yaitu:
1. Persiapan awal/ sebelum melamar
2. Persiapan kedua/ saat tes atau seleksi
3. Masa percobaan/ training

A. Persiapan awal / sebelum melamar
a. Persiapan mental, percaya diri & optimis

Persiapan mental

Sebelum melamar anda harus mempersiapkan mental anda , yang perlu anda perhatikan bahwa anda harus siap menerima kegagalan sehingga dari kegagalan ini bisa dijadikan pengalaman untuk bangkit lagi karena bagi yang tidak siap mental ,aka kegagalan akan dijadikan akhir segalamya sehingga timbul putus asa dan tidak mau berusaha dan tidak sedikit yang mengalami stress atau gangguan kejiwaan, mudah-mudahan hal ini tidak terjadi. Orang bijak mengatakan : dalam menjalani kehidupan suka dan duka selalu akan dihadapi, suka...siapapun pasti akan mampu untuk menghadapi, duka... tidak semua orang bisa menghadapi hanya orang beriman dan bermental baja yang bisa menghadapi.

Percaya diri dan optimis

Disamping persiapan mental yang baik anda harus mempunyai sifat percayadiri dan potimis (positive thinking) bahwa anda mampu intuk bersaing dan menjadi pemenang dan sifat ini harus di imbangi dengan kemampuan yang harus anda miliki. Jangan sampai terjadi over percaya diri (PD yang berlebihan) dan over optimis semantara anda tidak mempunyai kemampuan atau skill yang memadai.


b. Kemampuan/skill

Sebelummelamar pekerjaan pastikan ..! anda sudah mempunyai kemampuan / skill yang baik dan layak. Kemampuan skill itu melipiti:

 Kemampuan akademik
Kemampuan menguasai materi sesuai dengan bidang yang tekah di tekuni (spesialisasi).
Contoh: anda kuliah pada jurusan programer komputer maka anda harus menguasai materi yang berhubungan dengan programer computer, anda kuliah pada jurusan akuntansi maka anda harus menguasai materi yang berhubungan dengan akuntansi.


Kemampuan mengoperasikan komputer

Kemampuan mengoperasikan komputer merupakan sesuatu yang harus tidak bisa ditawar lagi ( Dos, Windows, Ms word, Ms excel. Ms access, Ms power point, internet.

 Kemampuan bahasa inggris.

Begitu juga denagn bahasa inggris sangat penting karena bahasa global/internasional dan bahasa inggris merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi jika anda ingin memasuki suatu instansi swasta, swasta multinasional dan swasta asing (minimal and bisa conversation. Disamping bahasa inggris alangkah biknya ditunjang dengan bahasa asing lainnya.
Jika kemampuan akademik, computer dan bahasa inggris masih minim bahkan anda lupa ( walau sudah pernah mendapatkan do kampus) maka tidak ada jalan lain anda harus review atau mengulang materi tersebut, sehingga jika anda diuji atau dites maka anda sudah siap ( ready to fight)

c. Persiapan berkas

Sebelum anda melamar pekerjaan (ada atau tidak ada lowongan) maka anda harus mempersiapkan berkas yang dibutuhkan, segera di usahakan:

  1.  Buat daftar riwayat hidup sebanyak-banyaknya
  2. Siapkan foto copy identitas / KTP secukupnya
  3. Siapkan foto copy ijazah dan sertifikat lainnya secukupnya yang sudah dilegalisir
  4.  Siapkan foto copy surat keterangan pengalaman kerja secukupnya (jika ada)
  5.  Siapkan foto berwarna terbaru ukuran 4X6 secukupnya sebagai persediaan
  6. Siapkan surat keterangan sehat dan foto kopy secukupnya (yang dikeluarkan RS)
  7.  Siapkan surat keterangan kelakuan baik & copy secupupnya )yang dikeluarkan kepolisian)
  8.  Siapkan kartu kuning dan copy secukupnya ( randucasnake)
Catatan:
Setiap berkas diusahakan di-foto copy minimal 10 lembar dan dimasukkan dalam amplop folio masing-masing dan berilah tanda /ditulisi, sehingga sewaktu-waktu ada loeongan maka anda sudah tidak sibuk atau repot lagi mengurus berkas.

d. Perbanyak teman sehabat dan relasi

Orang bijak mengatakan sejuta sahabat sangatlah kurang dan satu orang musuh sangatlah banyak. Dari pesan ini dapat diambil hikmahnya bahwa sahabat atau teman yang sangat banyak amat penting bagi kita dan tidak jarang rezeki dan informasi yang positif itu datanya dari seorang teman dan sahabat. Bahkan ada seseorang yang bisa berhasil mencapai kehidupan materi atau karir pada mulanya berasal bantuan dan informasi dari seorang teman, namun dalam hal ini kita tidak selalu menggantungkan teman atau sahabat atau kita melakukan suatu tindakan kolusi dan nepotisme yang negatif atau tidak obyektif

e. Giat mencari informasi lowongan kerja

Informasi lowongan kerja dapat dicari:
  1.  Koran harian
  2.  Media elektrinoka ( TV< radio )
  3.  Internet
  4.  Instansi terkait : depnaker
  5.  Kerabat/mitra/relasi/teman (poin d)
f. Daftar nama perusahaan

Ada baiknya anda mempunyai daftar nama perusahan, terutama nama perusahaan yang bonafit/profesional di wilayah anda ( daftar nama perusahaan bisa dicari dibiku telepon/yellow pages) maksunya dengan mengetahui nama-nama perusahaan anda dapat mencoba-coba mengirimkan lamarn , mungkin lamaran yang anda kirim mendapatkan respon jawaban (cara coba-coba ini juga sering dilakukan oleh para pencari kerja) dan tidak ada salahnya cara ini dicoba.

g. Pembuatan surat permohonan lamaran kerja

Dalam pembuatan surat permohonan lamaran kerja yang perlu diperhatikan:
  1. Tulisan harus rapi (jika merasa tulisan tangan kurang bagus maka bisa diketik dikomputer atau mesin ketik)
  2.  Alamat tujuan harus jelas ( jika dikirim via pos)
  3.  Sebutkan sumber informasi dari mana lowongan kertja tersebut berasal
  4.  Sebutkan posisi yang akan anda lamar
  5.  Kelengkapan berkas lamaran (lihat kembali pada poin persiapan berkas)
  6.  Berkas lamaran anda klip supaya tidak berhamburan dengan urutan: surat lamaran, pas fhoto, fotocopy identitas, daftar riwayat hidup/curriculum vitae(cv), foto copy surat keterangan sehat, foto copy surat keterangan baik (SKKB), foto copy kartu kuning, foto copy ijazah, foto copy sertifikat, foto copy surat pengalaman kerja dan foto copy berkas penunjang lainnya yang dianggap perlu.

Contoh: surat lamaran dan daftart riwayat hidup singkat.Contoh 1 (surat lamaran yang bersumber dari surat kabar, radio, TV, rekan
Palu,......
Kepada Yth.....
Salam sejahtera kami sampaikan,
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Alamat :
Berdasarkan informasi yang kami terima dari......bahwa PT........atau perusahaan yang bapak pimpin membutuhkan karywan yang akan menempati posisi sebagai...... sehubungan dengan hal tersebut kami mengajukan permohonan untuk bisa bergabunga dengan perusahaan yang bapak pimpin. sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami melampirkan:
1. Pas foto
2. Daftar riwayat hidup
3. ........
Besar harapan kami untuk bisa dipertimbangkan dan diterima permohonan yang kami ajukan ini, sambil menunggu jawaban lebih lanjut, kami mengucapakan banyak terima kasih.
Hormat kami
Marerai
................................
(nama pelamar)

Catatan:
1. Suber informasi lowongan harus disebutkan dengan jlas
Jika dari koran : contoh : harian pagi radar sulteng, sabtu, 04 sep 2010
Jika dari radio : contoh : radio X tentang iklan lowongan, sabtu, 04 sept 2010.
Jika dari rekan : contoh : rekan kami (tidak menyebutkan nama)
Salah satu karyawan bernama.......(sebut nama)
Salah satu karyawan (tanpa sebut nama)
2. Posisi
Jika dalam iklan Anda diharuskan posisi yng akan diisi, maka Anda harus menuliskan posisi dan kode posisi.Contoh: dari surat lamaran diatas: staff accounting ( SA), sekretaris (SEK) dll.
3. Lampiran
Anda harus melampirkan berkas lamaran pekerjaan (lihat persiapan lampiran dan urutannya)
4. Nama pelamar jamgan lupa ditulis dan tanda tangan (jika diharuskan memakai materai maka tempel dan tanda tangan diatas materai tersebut)
Contoh 2 (surat lamaran yang tidak bersumber&bersifat spekulasi atau cob-coba)
Hampir sama dengan contoh 1, tapi kalimat berdasarkan “berdasarkan informasi yang kami terima dst...” diganti dengan:
“dengan ini kami mengajukan permohonan lamaran pekerjaan unuk bisa bergabung dan menjadi karyawan diperusahaan yang bapak pimpin dengan posisi sesuai dengan ijasah dan keahlian kami atau menurut kebijaksanaan perusahaan”.

Contoh 3 (daftar riwayat hidup singkat atau curriculum vitae/cv)
Daftar riwayat hidup

1. Data pribadi
a. Nama lengkap : Heru afianto
b. Nama panggilan : Heru afianto
c. Tempat & tanggal lahir : Malang, 2 september 1970
d. Agama : Islam
e. Suku/bangsa : Jawa/indonesia
f. Golongan darah : B
g. Alamat rumah : Jl. Kavaleri H. 68 malang
h. Status : Sudah menikah
i. Nama istri : Rina tunus

II. Pendidikan
a. Formal
1. SD Kamajaya Tex-malang-jawa timur , lulus Tahun 1984
2. SMP Negeri Malang-jawa timur lulus Tahun 1987
3. SMA Negeri 4 Malang-jawa timur lulus Tahun 1990
4. Universitas, merdeka-Malang-jawa timur, Lulus Tahun 1994
(s1-fakultas ekonomi-jurusan Akuntansi)
b. Non formal
1. Pelatihan jurnalistik kampus
2. Pelatihan operator komputer (MS office dan internet)
3. Pelatihan komputer akuntansi
4. Pelatihan instruktur komputer

III. Pengalaman
a. Pengalaman kerja
1. PT. Astra-internasional Daihatsu
Lokasi : Malang-jawa timur
Masa kerja : Maret 1992s/d desember 1994
Jabatan : sales eksecutive
2. PT. Fajar Bumi Sakti- Bakrie grup
Lokasi : samarinda-Kalimantan timur
Masa kerja : desember 1994 s/d september 1996
Jabatan : finance and accounting control
3. PT. Freeport-indonesia
Lokasi : jakarta
Masa kerja : oktober 1996 s/d oktober 1997
Jabatan : internal audit staff
4. PT. Kalimantan sanggar pusaka-lyman group
Lokasi : pontianak – kalimantan barat
Masa kerja ; oktober 1997 s/d nopember 1998
Jabatan ; chief accounting & finance palm oil mill
5. Lembaga sentra pendidikan bisnis
Lokasi : palu-sulawesi tengah
Masa kerja : desember 1998 s/d.....
Jabatan : manager
b. Organisasi
1. Organisasi siswa intra sekolah (OSIS)-SMAN 4 malang
Jabatan : ketua (1988-1989)
2. Organisasi senat mahasiswa universitas malang
Jabatan : wakil ketua ( 1991-1993)
3. Organisasi KNPI kota malang-jawa timur
Jabatan : bendahara ( 1991-1993)
IV. Data orang tua dan keluarga
a. Nama ayah : moh nawawi
b. Nama ibu : tuning rahayu (almh)
c. Jumlah saudara kandung : 4 orang
d. Jumlah saudara tiri : tidak ada
Demikian daftar riwayat hidup ini kami buat dengan sebenarnya

HERU AFIANTO


h. Doa

Sabda nabi muhammad SAW : berusaha dan bekerjalah sebaik-baiknya untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya serta beribadahlah sebaik-baiknya dan akhlas untuk akhiratmu seakan-akan englau akan mati besok pagi.
Dari sabda diatas kita bisa mengambil hikmah harus ada keseimbangan antara kehidupan duia dan akhirat. Hubungan dengan materi tersebut adalah disamping mempersiapkan mental dengan baik, percaya diri, kemampuan atau skill yang dimiliki maka senantiasa dan selalu terus-menerus berdoa kepada Allah yaitu: menjalankan sholat lima waktu dengan sebaik-baiknya diakhiri dengan doa, melakukan sholat malam (tahajud), sholat dhuha(untuk kemudahan urusan dunia) dan ibadah lainnya, insya Allah akan terkabul....

B. Persiapan kedua / menghadapi tes atau seleksi

Dalam menghadapi tahap ini anda harus dalam kondisi siap segalanya.
Tes biasanya sebagai:
 Tes berkas
Tes yang dilakukan mengenai kelengkapan berkas atau yang menjadi persyaratan
 Tes lisan
Tes yang dilakukan berhadapan secara langsung (face to face ) antara penguji dan pihak yang di uji. Misaknya : tes interview, tanya jawab, tes lisan kemampuan akademik .
 Tes tulis
Tes yang dilakukan secara tertullis dengan menjawab suatu soal yang disediakan penguji.
Misalnya:
Tes tulis akademik : untuk mengetahui kemampuan bidang yang ditekuni /spesialisasi
Tes psiko tes : untuk mengetahui kemampuan atau tingkat /Q atau intelejensia.
 Tes praktek
Tes yang dilakukan dengan mengerjakan atau mengoperasikan suatu alat / benda .misalnya : tes mengoperasikan komputer , internet, membuat program, perakitan kompuer dan lain-lain.
Tes kesehatan
Tes yang dilakukan untuk mengetahui kindisi kesehatan tubuh. Tes kesehatan bisa meliputi kesehatan dalam dan luar yang sering disebut general checup
Kesehatan dalam meliputi: darah, paru-paru, tenggorokan dan organ dalam lainnya.
Kesehatan luar meliputi: mata telinga gigi , hidung dan organ luar lainnya.

Tahapan dalam proses perekrutan karyawan :
1. Seleksi berkas
2. Interview/wawancara awal
3. Tes akademik
4. Tes psiko
5. Tes kesehatan
6. Interview/wawancara akhir

SELEKSI BERKAS

Berkas biasanya dikirim via pos atau diantar langsung. Berkas yang masuk akan diseleksi oleh tim rekruitmen, apakah sudah sesuai dengan yang disyaratkan, jika tidak sesuai dengan salah satu syarat saja, maka kemungkinan berkas yang masuk tidak diterima/ gugur. Jadi disini sudah ad pelamar yang gugur.

Misalnya: suatu lowongan dibutuhkan sekretaris disyaratkan:
a. Lulusan D-1
b. Wanita berpenampalan menarik (umur 20-25)
c. Belum menikah
d. Bisa mengoperasikan komputer (minimal office)
e. Bisa berbahasa inggris aktif dan pasif

Setelah melihat persyaratan diatas jika pelamar tidak memenuhi salah satu persyaratn maka disarankan agar tidak melamar karena sudah pasti tidak akan diterima tetapi jika pelamar ingin coba-coba tidak ada salahnya, namun yang pasti kemungkinan besar tidak diterima.

INTERVIEW/WAWANCARA AWAL


setelah lulus tes berkas biasanya ada panggilan dari tim rekruitmen untuk mengikuti tes selanjutnya atu interview / wawancara awal (panggilan bisa via telepon atau surat).interview merupakan salah satu proses dalam perekrutan karyawan dn merupakan hal penting disamping penilaian lainnya, tidak jarang seorang pelamar dilihat dari riwayat hidup bagus, syarat dan kriteria yang ditentukan juga oke, tapi mengapa bisa gagal olehnya itu untuk menghadapi tes wawncara /interview harus ada persiapan khusus sehingga pada waktu hari “H” tidak bamyak mengalami hambaan terutama dari factor kejiwaan atau psikollogi (gugup,tegang, nervous, demam panggung dan sejenisnya yang bisa membuyarkan konsentrasi) bahkan beberapa pengamatan menunjukkan bahwa tes wawancara yang paling menentukan diterima tidaknya seorang pelamar.

Interview awal merupakan hal yang sangat penting karena dari sini merupakan kesan perama dan harus diingat pelamar harus menciptakan suatu kesan pertama yang positif dan mengesankan. Ada salah satu ikklan di TV “kesan pertama begitu menggoda, seterusnya terserah anda...” ungkapan tersebut sangatlah tepat bagi pelamar yang akan melakukan intterview/wawancara awal dengan tim rekruitmen/tim pewawancara

Metode menghadapi tes wawancara pekerjaan yang dapat menimbulkan kesan pertama yang positif dan mengesankan bagi tim pewawancara dapat dilakukan yaitu:
1. Persiapan interview / wawancara

Latihan acting

Anda perlu latihan dirumah sebelum tes wawancara , jika perlu latihan acting di depan cermin yang seakan-akan anda dalam suasana yang sebenarnya, yakni dihadapi oleh pewancara lebih bagus lagi ajak orang lain untuk menillainya, pada waktu latihan acting taruhlah kursi didepan cermin kemudian anda duduk di kursi tesebut dengan egak lurus bersandar (namun tidak tegang/nervous, untuk menghilangkan ketegangan tariklah nafas dlam-dalam).letakkan kedua tangan dipamgkuan dimana kedua tangan saling menggenggam, posisi kaki sejajar menginjakkan lantai dan kaki jangan diangkat. Begitu pentingnya latihan acting ini harus dilakukan aga anda pada saat tes wawancara tidak nervous atau tidak tegang, karena jika anda kondisi nervous atau tegang maka segala apa yang telah anda persiapkan akan menjadi berantakan. Ada sebagian orang untuk mengatasi ketegangan dan menambiah percaya diri dengan mengkonsumsi narkoba, jangan sekali-kali ini anda lakukan.

Materi wawancara dan review kemamouan akademik dan skill

Untuk kelancaran berbiara pada saat wawancara maka anda persiapkan hal-hal dibawah ini, biasanya hal tesebutbsering ditanyakan oleh pewawancara, yaitu:
a. Hafalkan daftar riwayat anda dan keluarga(bisa dilakukan pada saatlatihan acting), usahakan paling tidak sama dengan yang anda tulis dalam daftar riwayat hidup
b. Pelajari, latih dan ulang kembali kemampuan akademik dan sskill mungkin dalam tes wawancara akan ditanyakan
Busana
Ada pepatah jawa mengatakan “ ajining rogo soko busono” artiny kemulyaan raga/ badan slah satunya tergantung dari busana yang dipakai. Di samping itu persiapkan bsana yang akan dipaki saat wawancara, kalau perlu anda coba beberpa kali, sambil bercermin, apakah busana tersebut sudah layak dan tidak mneggangggu anda pada saat wawancara . busana yang anda pakai harus rapi, resmi, sopan usahakan baju lengan panjang, bawahan bukan dari jeans, warna busana disesuaikan dengan jenis kuit (hindari warna yang menyolok) sepatu dari kulit warna gelap atau disesuaikan dengan warna busana (usahakan disikat) dan untuk wanita disarankan tidak menggunakan rok moni tetapi rok panjang yang mempunyai kesan sopan dan beretika
Kerapin busana tidak ditentukan mahal dan baru, walaupun baju sudah tua jika disetrika dan diberi pengharum maka akan berkesan rapi

Rambut
Rambut harus ditata dan diatur sedemikian rapi, sehingga menri untuk dilihat dan tidak mengganggu anda pada saa wawancara, terutama rambut pelamar laki-laki (jika perlu memakai minyak rambut)

Tata rias (khusus untuk wanita).
Tata rias wajah bagi pelamar wanita, harus diperhatikan pada saat menghadapintes khususnya tes waancara dan tata rias ini menurut sebagian besar wanita sangat berperan dalam penampilan dan menumbuhkan rasa peercaya diri. menurut beberapa ahli tata rias bahwa pemakaian alat kosmetik (khususnya wanita sebisa mungkin sesuaikan dengan kondisi usia , namun karena pembahasan ini mengenai tata rias pelamar kerja wanita yang usianya berkisar 18-25 tahun ,maka sebaiknya tata rias tidak mencolok (minor) khususnya untuk bedak, alis, lipstik dan eye shadow.
Bedak jangan terlalu tebalL
ipstik disarankan untuk menggunakan warna yang lembut dan disesuaikan warna kulit dan warna bibir.
Alis jangan terlalu tebal atau dilukis, disarankan bulu alis tidak memakai pensil alis .Eye shadow disarankan tidak terlalu tebal, karena jika terlalu tebal maka terkesan mata anda terlihat pucat.Kesimpulan: tata rias anda jangan berlebihan, pakailah sewajarnya namun bisa memberikan kesan keaanggunan penampilan anda

Kesehatan badan
Anda harus memperhatikan kesehatan mulut, gigi dan bau badan, pada saat akan tes wawancara, sebelum wawancara gosoklah gigi sebersih mungkin kalau perlu memaki parfum mulut agar kesegaran dan keharuman mulut tetap terjaga.Untuk menambah rasa percaya diri pakailah parfum badan dengan aroma yang lembut dan tidak menyengat yang membuat pusing kepala.

Pada saat interview / wawancara hari “H

Pada saat memasuki ruangan tes interview/wawancara
Pada saat akan memasuki ruangan untuk menghindari ketegangan yaitu berdo’a dan tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dan pada saat anda memasuki ruaangan tes anda tidak diperkenankan langsung masuk (slonong boy) , namun harus menggunakan etika, bisa dilakukan sebagai berikut:
a. Jika ruangan tertutup pntu maka sebaiknya anda ketuk 3 kali. Jika sudah ada jawaban atau dipersilahkan masuk silahkan anda masuk, namun jika ketukan 3 kali yang pertama tidak ada jawaban (mungkin tidak terdengar) maka coba sekali lagi ketuk agak sedikit keras, jika ketikan yang kedua tidak ada jawaban maka sebaiknya anda minta tolong kepada petugs kantor atau perusahaan yang bisa n\menolong anda.
b. Jika ruangan sudah terbuka atau sudah masuk ruangan
- Segera ucapkan salam ( assalamualaikum, selamat pagi atau sesuai dengan waktu) disertai dengan sedikit senyum, dengan sikap berdiri tegap, namun tidak tegang dan tidak seperti militer dan perkenalkan identitas anda dan maksud kedatangan anda, sebagai contoh dapat digunakan kalimat”mohon ma’af, pa bisa saya memperkenalkan diri , nama saya alfiarta, maksud kedatangan saya untuk menghadapai tes interview atau wawancara sehubungan dengan panggilan yang saya terima via telepon”. (jika panggilan via surat maka anda katakan via surat, jangan lup bawa surat pangilan tersebut dan tunjukkan)
- Jangan dulu duduk sebelum dipersilahkan... jika anda sudah berdiri agak lama dan belum dipersilahkan duduk (mungkin pewawancara lupa mempersiapkan) , maka anda bisa berinisiatif mengatakan “mohon ma’af....boleh saya duduk....”.
- Setelah dipersilahkan duduk maka duduklah dengan santai/atau tidak tegang dengan cara duduk tegak lurus , posisi kaki bertumpu dilantai secara sejajar (kaki jangan ditempatkan pada kursi atau diangkat salah satu),sebaiknya sebelum wawncara bernafaslah dengan teratur dan tenang seperti biasanya , percaya atau tidak, banyak orang yang lupa bernafas pada saat dalam keadaan stress, ingatlah selalu pada waktu latihan....!
Pada saat interview/wawancara
1. Bahasa
Setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara jawablah dengan singkat dan jelas (tidak bertele-tele), dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar (baku), hindari istilah/bahasa kedaerahan atau kesukuan (yang bisa membuat bingung pewawancara) dan sampaikan dengan lembut namun tegas dan dapat didengar dengan jelas ( jangan terlalu pelan karena pewawancara bisa tidak terdengar dan hal ini akan mempengaruhi penilaian). Serta hindari pengucapan kata-kata yang tidak perlu seperti : ‘eee...anu...” atau kata kedaerahan “no...jo...na...”
Biasanya pertanyaan pertama tentang riwayat hidup, maka s\anda harus menjawab secara singkat namun lengkap dan terperinci ( minimal harus sama dengan yang anda tulis pada daftar riwayat hidup).
Jika pertanyaan yang diajukan menyangkut akademik atau pengetahuan lainnya maka anda harus jawab seperti diatas, jika perlu ( apabila disediakan white board dan spidol) anda mempresentasikan atau menjelaskan di white board sebagai etika bisa diucapakan “ mohon maaf, pa bisa sy jelaskan di whie board” jika pewawancara mengizinkan silahkan anda lakukan, namun jika pewawancara merasa tidk perlu maka anda tidak boleh memaksekan ( karena hal ini bisa menunjukkan emosi dan keangkuhan anda dimata pewawancara).
Jika pewawancara menginginkan atau memerintahkan anda untuk menjelaskan pada white board , maka anda harus melaksanakan (jika anda tidak melaksanakan maka anda akan dinilai tidak mampu yang pada akhirnya akan mempengeruhi penilaian anda).

2. Bahasa tubuh/gerakan

Beberapa pengamat personalia dari perusahaan berpendapat sebagian orang mengalami kegagalan dalam tes wawancara adalah terletak dari bahasa tubuh yang tidak menunjang atau tidak berkenan tim wawancara. Bahasa tubuh itu melipiti podtur dan gedture (gerakan)
a. Biasanya sebelum wawancara berlangsung dimulai dengan berjabat tangan, pada saat berjabat tangan yang perlu diperhatikan : jangan mencengkeram terlalu keras (dengan ibarat: seakan-akan kau tidak akan kulepaskan) atau jangan terlalu lembek dan jangan sampai berjabat tangan dengan cara menggelitik (menggoda) karena itu tidak beetika yang pada akhirnya anda mempunyai kesan sangat negatif.
Dalam berjabat tangan gunakan feelling untuk menyeimbangi kuatnya genggamannya. Mengapa.... karena biasa orang sering mengidentikkan batasan normal atau tidak naormal. Dengan mencontek kekuatan genggaman si pewawancara, akan mengesankan anda termasuk orang yang sama normalnya dengan dia, situasi ini menunjukkan kesan kekompakan dan menumbuhkan pertemanan yang munculnya secara feeling . bukan keangjuhan ataumkelembekan.
b. Postur
Yang banyak menjadi perhatian orang rupanya juga terlatak pada cara berdiri dan berjalan pada seseorang. Untuk itu berdiri dan berjalanlah dengan sikap tegap,. Bukan berarti harus tegap dan kaku seperti prajurit(militer). Namun hal ini dimaksudkan lebih pada upaya untuk menunjukkan kesan bahwa anda mempunyai susunan tulang yang normal.
c. Mata /pandangan
Pada saat wawancara, ingat....jangan menatap tajam pewawancara secara terus-menerus , apalagi seakan-akan ingin melumat pewawancara, hal ini bisa terkesan seperti dalam film horor . mana mau dia nanti sekantor dengan anda. Jadi jagalah kontak mata selama 5 -8 detik sekali. Trutama saat anda mendengarkan pertanyaan sesekali kepala mengangguk untuk membuat kesan anda faham akan pertanyaan.
Setelah ada kntak pandangan 5-8 detik sekali, alihkan pandangan anda dalam kawasan segitiga : kiri-kanan dan bawah (atas bibir) ini merupakan sebagai pengimbangan dalam kontak pandang dengan sipewawancara . namun yang harus diingat dalam mengalihkan pandangan mata jangan sampai terkesan jelalatan atau memain-mainkan mata anda, apalagi anda sampai mengerlingkan mata ...jangan sekali anda lakukan...! karena sangat tekesan negatif dan jorok.
Saat aanda ditanya “maukah anda bekerja disini...” maka anda jawab “ saya sangat berharap bisa bekerja disini” maka menunduklah sedikit (sekali lagi...sedikit) lalu tataplah matanya denyan senyum tipis dan ramag
d. Bibir
Pada saat wawancara baik pada saat mendengar atau menjawab pertanyaan posisi bibir tertutup (namun jangan terlalu rapat) , jangan sekali-kali menggerakkan bibir yang bisa menimbulkan kesan negatif, misalnya: menggigit bibir ( akan menimbulkan kesan bahwa anda bingung, takut atau nervous), komat-kamit, memainkan bibir dengan cara mengulm keatas atau kebawah ( akan terkesan negatif dan jika anda wanita maka akan terkesan anda sebagai “penggoda”) walaupun , bibir anda termasuk orang yang mempunyai bibir sensual atau indah bersikaplah biasa / wajar dan tidak meminkan bibir atau membuat gerakan bibir yang bisa terkesan negatif.
e. Tangan
Tangan tanpa sadar biasanya menggeliat kesana kemari dalam menjawab pertanyaan. “buatlah tangan “berbicara” jangan “berteriak”. Posisi tangan sama seperti pada waktu latihan acting yaitu: letakkan tangan dipangkuan dengan jari-jari saling menjepit satu sama lain. Ini diharapkan untuk menghindari godaan dai gerakan yang tidak perlu. Sebaiknya usahakan tangan dipertahankan berada posisi ini sampai dengan selesai. Munculan kesan bahwa anda mampu menguasai diri dan tidak dalam keadaan tertekan. Ingatlah....jamgan sekali-kali menunjukkkan jari keraut wajah apalagi menudng si pewawancara.
Geraka yang tidak perlu dan terkadang timbul secara tidak sadar yaitu: membelai rambur, menggaruk (padahal tidak gatal) , menggosok pipi atau bagian yang lain kaena gerakan tersebut akan terkesan anda tidak yakin (ragu-ragu) sehingga akan seakan-akan anda dianggap berbohong
f. Kaki
Hindari duduk dengan kaki bersilang, apalagi menempelkan satu kaki dilutut kaki yang lain, yang lebih parah anda angkat kaki terlalu tinggi maka ini meninjukkan kesan keangkuhan dan kesombongan.

TES AKADEMIK

Pada waktu menghadapi tes akademik, persiapkan terlabih dahulu (seperti yang telah dibahas dimuka) pstikan anda sudah siap. Hal-hal yang harus diperhatikan:
 berdoa sebelum mengerjakan
 Persiapkan alat tulis dengan baik
Pada waktu megerjakan soal/kasus jangan terlalu tegang, karena ketegangan biasa menbuyarkan apa yang ada pada otak
 Kerjaka soal yang dianggap mudah dulu dan perhitungkan waktu yang disediakan
 Jangan sekali-kali bekerjasama dengan peserta lainnya karena hal ini bisa berakibat fatal, cobalah anda bekerja sendiri
 Jawablah semu pertanyaan dengan baik dan lengkap namun singkat seerta tulisan harus jelas (bisa dibaca , karena walau jawaban anda benar namun tulisan tidak jelas maka akan mempengaruhi penilaian bahkan jawaban anda mungkin tidak diperiksa dan pada akhirya anda tidak lulus).
Jika tes akademik berupa lisan/wawancara maka anda harus ingat kembali metode wawancara yang telah dijelaskan diatas.
TES PSIKO
Tes psiko adalah tes untuk mengetahui tingkat intelejensia (IQ) , kejiwaan ( psikologo), kecerdasan, ketahanan bekerja dalam menghadapi suatu tekanan, cara kerja dan hasil kerja. Biasnaya tes psiko ini anda bisa membeli tes psiko ditoko buku. Hal yang harus diperhatikan sama dengan menghadapi tes akademik
TES KESEHATAN
Tes kesehatan yang sering dilakukan unuk memasuki pasar kerja yaitu tes kesehatan dalam dan luar . tes kesehatan dalam meliputi : darah, paru-paru, dan organ tubuh bagian dalam lainya. Tes kesehatn luar melputi: kulit, mata, hidung, telinga, tenggorokan mulut,. Dalam menghadapi tes kesehatan usahakan kondisi tubuh dalam keadaan fit
INTERVIEW / WAWANCARA AKHIR
Setelah melewati beberpa tahapan tes jika anda memenuhi kriteria yang diperlukan maka tahap akhir biassanya dilakukan interview akhir, biasanya meliputi gaji , job description penandatanganan surat kesepakatan kerja atau kontrak kerja .
Pada tahap ini dalam menjawab pertanyaan harus hati-hati , karena biasanya penginterview memberikan pertanyaan pancingan, jika salah menjawab akan berakibat gugur dan tidak diterima dan harus diingat pada tahap ini masih ada seleksi artinya masih “ ada yang diuang”.contoh pertanyaan yang sangat peka:
Pertanyaan tentang gaji
Jika anda diterima berapa gaji yang anda harapkan.........
Jawaban:
Bagi pencari kerja sangat sulit menjawab, karena masih belum ada pengalaman sebaiknya tahu diri dan tidak usah menuntut gaji, jawaban bisa seperti ini”mohon maaf....karena kami masih belum mempunyai pengalaman kerja, maka mengenai gaji kami serahkan sepenuhnya kepada pihak menejemen perusahaan, saya yakin perusahaan mempunyai standar gaji yang layak” namun jika pewawancara mendesak jawaban nilai nominal gaji (angkanya) maka bisa dijawab dengan melihat atau mengacu pada nilai UMP (upah minimum provinsi) setempat dan biaya hidup setempat.
Ada kalanya penginterview langsung menyodorkan daftar gaji dan langsung menanyakan apakah setuju atau tidak(jika setuju maka diterima dan jika tidak setuju maka tidak diterima).
Pertanyaan tentang kesediaan kerja dan penempatan
“apakah anda bersedia bekerja dengan baik dan ditempatkan dibagian sesuai kebutuhan perusahaan” untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya secara diplomatis dan tidak bertele-tele “saya sangat berharap bisa bergabung dengan perusahaaan ini dan insya allah ssya akan bekerja dengan sebaiknya sesuai dengan kemampuan yang saya miliki dan sesuai dengan aturan perusahaan”
Untuk pertanyaaan kedua (penempatan kerja) biasanya pertanyaan ini bersifat pancingan . misalnya: anda melamar pada bagian keuangan sesuai dengan lowongan kerja yang dibutuhkan namun pada saat wawancara akhir anda ditawari pada bagian akir, maka jawablah “ saya bersedia ditempatkan dibagian manapun sesuai dengan kebijakan perusahaan”. Dengan jawaban seperti ini menunjukkan kesan kesungguhan dan keseriusan anda dalam menerima tawaran kerja walau pun terkadang ini sebagai basa-basi. Jika anda sukses dalam wawancara tahap akhir, maka biasanya anda langsung menandatangani kontrak kerja dan langsung bekerja tapi masih dalam masa training atau percobaan ( satu, dua atau tiga bulan).

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentarmu,, bebas, terserah,
shin-azmi.blogspot.com

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal